Pesan Order Bata Merah Telp/WA/SMS 085732374354

Dapatkanl bata merah dengan harga yang murah dan mutu yang bagus. Melayani berbagai wilayah di Jawa Timur seperti Kediri, Pare, Nganjuk, Blitar, Kertosono, Jombang, Madiun, Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya.

 

Hubungi kami sekarang juga di nomer 085732374354 untuk melakukan pemesanan / order Bata Merah

 

Apakah Bata Merah itu

Salah satu material bangunan yang diperlukan untuk membuat dinding adalah batu bata merah. Material tersebut adalah yang paling populer selain batako dan bataton yang sama-sama digunakan untuk dinding bangunan. Batu dinding ini mungkin paling sering ditemukan sebagai bahan bangunan rumah. Banyak alasan mengapa orang lebih memilih material yang terbuat dari tanah liat tersebut. Berikut beberapa ulasan terkait bahan pembuat dinding bangunan yang populer di masyarakat.

 

Bahan Dasar Bangunan untuk Dinding

Pembangunan dinding memerlukan beberapa bahan seperti batu, semen, hingga plester. Sedangkan material dasar yang paling sering digunakan masyarakat adalah sebagai berikut.

Batu Bata merah

Merupakan salah satu bahan dasar yang paling umum digunakan untuk pembangunan rumah. Dibuat dari tanah liat yang dibentuk dengan cetakan untuk selanjutnya dikeringkan di bawah terik matahari. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pembakaran menggunakan suhu yang tinggi sampai menjadi keras, kering, dan berwarna merah. Merupakan material bangunan yang sangat tahan terhadap panas sehingga cocok untuk rumah-rumah di Indonesia. Untuk harga per bijinya biasanya dijual dengan harga sekitar 500an. Namun untuk yang pembuatannya bukan dengan cara biasa yaitu menggunakan oven harganya bisa lebih mahal.

Di bawah ini video cara membuat bata merah menggunakan mesin

 

Batako

Pada beberapa bangunan zaman sekarang memang sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini. Bahan bangunan tersebut terbuat dari campuran pasir kasar dan semen. Selanjutnya bahan akan dipress dan biasanya ukurannya cukup besar sekitar 40 x 10 x 20 cm. Penggunaan bahan bangunan tersebut biasanya untuk membangun dinding biasanya dilakukan untuk proyek yang ingin lebih cepat selesai. Ukuran material yang cukup besar dapat mempersingkat waktu menyelesaikan dinding.

Bataton

Material yang juga ditemukan pada dinding-dinding bangunan. Terbuat dari campuran pasir, kerikil, air, agregrat, semen, dan bahan khusus lainnya. Mungkin material ini jarang ditemukan pada pembangunan rumah-rumah biasa. Batu pabrikan ini lebih sering digunakan untuk membuat dinding yang memerlukan rancangan khusus. Seperti dinding yang nantinya akan menjadi jalur listrik, jalur pipa air, dan lain sebagainya. Bahan batu untuk dinding ini memang memiliki rongga di bagian dalamnya yang bisa diisi dengan bahan lain, termasuk baja.

 

Fungsi Pemasangan Batu Bata Merah

Setiap membangun gedung pastinya membutuhkan banyak material yang mempunyai fungsi masing-masing, termasuk penggunaan material untuk dinding yang berwarna merah ini.

Sebagai bahan dasar dinding

Batuan biasa yang sering digunakan masyarakat adalah batuan berwarna merah yang terbuat dari tanah liat. Strukturnya yang cukup kuat menjadikan material ini penting untuk membangun rumah. Pemasangannya juga tidak sulit dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Material dasar ini biasanya dipasang dalam beberapa lapisan. Pertama adalah batu nol yang biasanya untuk fondasi dan dipasang hingga ketinggian nol pada rumah. Selanjutnya adalah pemasangan di atas batu nol dan sebelum melanjutkan ke bagian untuk dinding. Memasang material ini juga tidak membutuhkan perekat khusus. Pembuatan dinding hanya menggunakan adukan semen dan pasir yang nantinya akan menjadi perekat.

Sebagai penghias interior

Batuan untuk dinding yang mungkin dilihat pada bangunan tertentu yang dibiarkan terbuka sebenarnya adalah bata ekspos atau ada juga yang menyebutnya sebagai imitasi. Memiliki warna merah yang lebih rata dan teksturnya permukaannya licin. Dibandingkan yang digunakan untuk dasar dinding, material ini memiliki ukuran yang lebih rapi karena dibuat dengan mesin. Sama-sama dibuat dari tanah liat dan juga memiliki ukuran yang sama dan relatif kecil. Biasanya memiliki berat sekitar 3 kilo dengan dimensi kurang lebih 17 x 7 x 3 cm. Sekarang ini banyak desain rumah yang memanfaatkan material ini untuk dekorasi atau penutup dinding, terutama untuk rumah dengan gaya klasik atau temporer.

Sebagai bahan dasar dinding yang terkena air

Untuk bangunan atau dinding yang dekat dengan sumber air atau bahkan terendam air, biasanya menggunakan bata yang terbuat dari pasir dan kapur. Material tersebut akan lebih kuat dan kokoh sehingga tidak gampang keropos karena air. Bahan pembuatnya biasanya dicampur dengan perbandingan 1:8 untuk pasir:kapur.

 

Tips Memilih Batu Bata merah yang Baik

Ada beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan, terutama untuk memilih bahan atau material bangunan. Berikut adalah beberapa tips supaya Anda bisa mendapatkan material yang bagus dan berkualitas.

  1. Lebih disarankan untuk membeli material langsung di toko bangunan yang memiliki reputasi baik. Toko bangunan semacam itu biasanya sudah memiliki supplier yang memang memberikan stok bahan yang berkualitas.
  2. Mengecek material sebelum membeli dalam jumlah besar juga bisa dilakukan. Apabila Anda akan membeli dalam jumlah ribuan, ambil salah satu secara acak untuk dilakukan pengecekan. Apakah material tersebut sesuai atau kualitasnya turun.
  3. Memperhatikan kondisi bahan bangunan dengan teliti. Apabila Anda masih di sebuah toko bangunan dan berniat untuk membeli, jangan ragu untuk mengecek kondisinya seperti ada atau tidak yang pecah. Jika pecahan yang berserakan di lantai banyak, kemungkinan material tersebut tidak terlalu bagus.
  4. Mengecek dengan besi untuk mengetahui daya tahan dan kekuatan. Material yang satu ini akan menghasilkan suara nyaring saat diketuk dengan potongan besi. Suara tersebut bisa menandakan material yang bagus atau berkualitas.
  5. Memilih bahan bangunan yang berkualitas juga bisa dilakukan dengan membelahnya menjadi dua. Apabila di bagian dalamnya memiliki warna yang merata, maka material tersebut bisa dikatakan bagus.
  6. Cara lain untuk mengetahui kualitas dari bahan bangunan ini adalah dengan menggunakan air. Rendam dalam air dan jika air yang terserap lebih sedikit, maka kualitasnya lebih baik.
  7. Jika sudah membeli dan tidak bisa ditukar, maka material yang kurang bagus dapat disiasati dengan bahan bangunan lain. Misalnya saja supaya dinding tetap kuat, maka bisa dengan meningkatkan kualitas adukan semen yang digunakan. Bisa juga dengan memberikan besi tulangan yang kuat supaya pemasangannya tepat dan dinding yang dibuat lebih kuat.

Itulah beberapa informasi terkait bata merah yang masih diandalkan untuk pembangunan rumah-rumah di Indonesia. Mudah didapatkan, tidak sulit dipasang, dan kuat menjadi alasan banyak orang lebih memilih material tersebut.