Macam Macam Batu Bata dan Kegunaannya

Apakah Batu Bata itu

Dalam sebuah pembangunan gedung, memerlukan banyak sekali bahan-bahan bangunan yang umum digunakan. Salah satunya berupa batu bata sebagai bahan yang tidak mungkin dilewatkan. Bila membicarakan rupa bahan tersebut sekilas akan terbayang rupanya yang sama saja. Faktanya, bahan bangunan satu ini memiliki macam-macam jenis dengan fungsi yang berbeda. Meski fungsi utamanya adalah untuk menjadi bahan pembuat dinding bangunan. Jika Anda sedang membutuhkan bahan bangunan ini, berikut ulasan singkatnya untuk Anda. Mulai dari kegunaan secara umum, macam jenis, kelebihan dan kekurangan, hingga tips memilihnya.

 

Apakah Semua Jenisnya Digunakan Dalam Sebuah Pembangunan?

Pada dasarnya setiap jenis bata biasanya digunakan dalam pembangunan dengan konsep atau desain berbeda. Namun beberapa jenis wajib digunakan demi membangun gedung yang kokoh dan berkualitas. Harga setiap bahan ini juga berbeda-beda, maka adanya keragaman macam jenis dapat juga menjadi solusi menemukan bahan sesuai budget. Tetapi tentu penggunaan bahan-bahan bangunan yang berkualitas menentukan kualitas sebuah bangunan. Maka biasanya pihak yang merancang dan membangun sebuah bangunan akan mempertimbangan secara hati-hati dalam pemilihan bahan. Selain itu, teknik pembuatan bangunan juga ikut turut serat dalam tingkat kualitas.

Pernahkah melihat atau mendengar tentang bangunan yang masih baru namun mengalami kerusakan yang cukup beresiko? Hal seperti itu dipengaruhi dari tingkat kualitas bangunan itu sendiri yang mana difaktori oleh pertimbangan pihak yang membangun mulai dari pemilihan bahan hingga tehnik pembangunan. Tidak jarang mereka yang ingin benar-benar menekan biaya pembangunan, meningkatkan resiko buruk dan berbahaya.

 

Cara dan Tips Memilih Produk Batu Bata Untuk Mendapat Bangunan Berkualitas

Produk bahan bangunan penting ini diproduksi dengan beragam tingkat kualitas pada setiap jenisnya. Anda mungkin bisa melihat juga dari harga yang dibandrol. Nah, agar produk yang dipilih sesuai, ini dia cara dan tips memilih bata dan bahan bangunan utama lainnya.

  • Selalu Beli di Toko Bangunan Terpercaya

Tips pertama ialah dengan membeli bahan-bahan bangunan di toko yang terpercaya. Bila Anda seorang pemula yang baru terjun di bidang pembangunan gedung, coba tanyakan orang-orang terdekat atau mencari info toko bangunan mana yang sudah terpercaya sejak lama. Karena biasanya toko-toko tersebut lebih memiliki pelayanan yang memuaskan. Harga yang lebih terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk barang. Untuk membeli bahan yang berkualitas, Anda dapat melihat kualitas produk gentengnya, karena biasanya kualitas genteng yang dijual menggambarkan kualitas bahan bata juga.

  • Cek Kualitas Secara Acak

Masih ragu dengan produk yang telah dipilih? Anda dapat melakukan pengecekan dengan acak. Bahan-bahan bangunan yang digunakan dalam jumlah banyak dapat dicek dengan mencoba melihat kekuatan satu bahan yang diambil secara acak. Ulangi beberapa kali.

  • Tidak Panik Ketika Menemukan Produk Kualitas Buruk

Terlanjur membeli produk bahan bangunan utama seperti bata dengan kualitas kurang baik? Siasati dengan memastikan bahan penting lain yang berkualitas tinggi seperti melapisi dengan beton berkualitas yang kokoh.

  • Perhatikan Kondisi Bahan Langsung di Toko

Tidak sedikit toko bangunan menaruh bahan-bahan dengan menumpuknya di lantai. Bila ketika mengunjungi toko Anda menemukan potongan bahan yang berserakan, atau potongan genteng yang terlihat rusak, Anda perlu pertimbangkan dengan matang. Sebab barang yang di-display seharusnya barang bagus untuk membuktikan kualitas produk yang dijual. Bila barang display saja rusak, bagaimana dengan kualitas asli barangnya?

  • Pukul Dengan Besi

Bagi mereka yang sudah terjun dalam dunia bahan bangunan, mengukur kualitas bata yang baik bisa dengan cara memukulkan besi ke atasnya. Bila suaranya nyaring, maka kemungkinan besar kualitasnya cukup baik karena dari segi kekutan juga baik.

  • Warna yang Merata

Untuk mengetahui bata merah yang berkualitas, Anda juga bisa melihat warnanya. Coba hancurkan satu, lihat apakah warnanya merata atau tidak. Produk yang bagus memiliki warma yang mearata.

  • Merendam Dalam Air

Mutu atau kualitas batu juga bisa diuji dengan cara merendamnya oada air. Semakin sedikit air yang terserap, kualitas produk semakin baik.

  • Tidak Ada Salahnya Melihat Merk atau Produsen

Yang namanya objek bisnis berupa produk barang pasti tidak jauh dari merk atau produsen. Anda dapat memilih produk bahan bangunan yang memiliki reputasi merk terbaik atau melihat kualitas produsennya. Produk yang diproduksi oleh produsen dan merk dengan reputasi baik, kemungkinan besar memiliki kualitas yang juga dapat diandalkan. Begitu juga dengan produk bahan bangunan di pasaran.

 

Macam-Macam Jenis Batu Bata

Apa saja macam jenisnya? Jenisnya terdiri dari:

Jenis pertama ialah Batako. Bahan bangunan ini terbuat dari campuran pasir kasar dan semen yang diolah dan dicetak serta di-press. Jenis yang satu ini biasanya digunakan sebaga bahan ruang gudang, pos satpam, dan pagar/dinding bagian luar rumah. Karena sifatnya mudah menyerap panas, ruangan yang terbuat dari bahan ini akan terasa lebih pengap.

Ini merupakan jenis paling sering digunakan dan menjadi bahan paling dasar dalam menciptakan bangunan yang kokoh.Bahan utamanya ialah tanah liat. Proses cetaknya lebih rata sehingga membuat kesan lebih sejuk pada gedung karena membuat susunannya lebih rapat.

Jenis ketiga ini terbuat dari campuran air, semen, kapur, pasir kuarsa, gypsum, dan almunium pasta sebagai perekat. Bahan ini cukup populer di Indonesia. Selain ringan, hebel juga terkenal kokoh. Kekurangannya terdapat pada tampilan struktur bangunan yang dihasilkan dan harga yang lebih mahal.

Terakhir ialah pavling block. Jenis ini memiliki tampilan berlubang di tengahnya. Biasanya lebih sering digunakan untuk membangun konstruksi panel dengan struktur ringan dan berbingkai. Pemasangannya membutuhkan campuran tanah liat.

Memilih menggunakan bahan-bahan bangunan berkualitas mengurangi beragam resiko seperti keamanan dan kenyamanan. Sangat disarankan untuk mempertimbangkan secara matang ketika memilih bahan bangunan seperti batu bata salah satunya, memang penyesuaian biaya tentu menjadi point sangat penting, namun berdirinya sebuah bangunan disertai adanya tujuan dan fungsi yang kuat. Selain itu tentu saja Anda memiliki harapan pada usia bangunan yang bisa awet hingga lama, bukan? Sehingga memiliki nilai bangunan dapat menjadi tinggi.