Jenis Batako dan Cara dan Memilih Produk Batako Berkualitas

Menggunakan Batako Pada Bangunan Rumah Minimalis

Rumah bukan hanya sebuah gedung yang dibangun dengan konsep dan desain sesuai dengan selera, tetapi juga sesuai kebutuhan. Pemilihan serta penggunaan bahan-bahan bangunan harus dipertimbangkan dan dihitung secara matang. Mulai dari bahan dasar, hingga tambahan. Di zaman serba praktis, kini desain rumah minimalis begitu populer. Desain rumah seperti ini juga mendukung penggunaan batako sebagai bahan bangunan utama maupun tambahan. Sebenarnya apa perbedaan jenis batu satu itu dengan batu bata lainnya? Dan apakah memiliki ragam bentuk dengan kegunaan yang berbeda? Apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya.

 

Silahkan pesan Batako atau bahan bangunan yang lain untuk area Kediri dan sekitarnya. Hubungi kami di nomer 085732374354 sekarang juga

 

Penggunaan Batu Bahan Bangunan Dalam Meningkatkan Mutu Sebuah Gedung

Jika Anda perhatikan, sebuah bangunan seperti rumah dibuat dengan bebberapa bahan utama yang tidak mungkin dilewatkan. Bahan-bahan utama tersebut terdiri dari batu bata, semen, pasir, besi beton, kayu, genteng, keramik, dan paku. Bahan utama tersebut akan ditambahkan dengan bahan tambahan atau diganti dengan bahan yang memenuhi kebutuhan. Seperti batu bata, untuk mendapat desain sesuai keinginan, hal tersebut bisa diganti dengan bahan batu serupa, baik sebagai bahan utama, tambahan, atau penunjang tampilan rumah. Penggunaan batu yang satu ini sebagai penunjang tampilan kini populer karena mampu memaksimalkan desain pada rumah minimalis, serta jenis gedung lainnya seperti café, restoran, galeri, dan masih banyak lagi.

Dengan memilih bahan-bahan berkualitas, kualitas dan nilai suatu bangunan akan semakin tinggi. Tidak hanya terlihat dari tampilannya saja, tetapi juga usia gedung dan tingkat kenyamanan mereka yang tinggal atau beraktivitas di dalamnya. Lalu, apa itu batu pengganti bata? Jenis batu bahan bangunan satu ini merupakan campuran semen, pasir, dan batu kapur. Batu ini dibuat dengan cara dicetak. Maka ukurannya stabil dan dijual dengan patokan ukuran tertentu. Sebenarnya bahan dasarnya berbeda pada setiap jenis.

 

Macam-Macam Batu Batako Sebagai Bahan Dasar Bangunan

Seperti yang sudah disebutkan, ada lebih dari satu macam jenis dari batu ini yaitu:

Sesuai namanya, bahan bangunan ini memiliki warna gelap, meski bukan sepenuhnya hitam melainkan abu-abu. Anda dapat menemukan pilihan ukuran jenis Hitam/Press berkisar panjang 36-40cm, lebar 8-10cm, dan tinggi 18-20cm. Karena ukuran yang cenderung besar, maka masa pengerjaannya jadi lebih cepat. Berat dari batu ini juga lebih ringan sehingga sering dipilih untuk memperingan berat struktur dinding pada sebuah bangunan.

Kekurangan menggunakan jenis Hitam/Press adalah terletak pada kekutannya, karena memiliki tektur yang berlubang, batu ini mudah retak dan pecah. Selain itu juga tidak meredam udara panas, membuat ruangan yang menggunakan bahan ini akan terasa lebih panas. Maka lebih disarankan digunakan sebagai bagian dari desain, dinding luar rumah, atau pelengkap.

Jenis kedua ialah Ringan/Putih. Jenis bahan satu ini memiliki tampilan berwarna putih. Sama-sama memiliki berat yang ringan, batu ini juga digunakan untuk memperingan berat struktur dinding sebuah bangunan. Ukuran yang dijual di pasaran berkisar panjang 60cm, tebal 8-10cm, dan tinggi 20cm. Warna putih pada batu diciptakan dari bahan dasarnya yang berupa campuran pasir kwarsa, kapur, semen, gypsum, air, dan alumunium pasta.

Kekurangan jenis batu ini ialah ukurannya sering membuat tanggung karena cenderung besar. Dalam proses pemasangan, dibutuhkan keahlian khusus dan alat perekat khusus. Kemudian dari segi harga lumayan mahal dari batu bata umumnya, selain itu tidak semua toko bahan bangunan menyediakan.

Terakhir, jenis batako yang umum digunakan pada pembangunan ialah Pavling Block. Mungkin Anda akan lebih sering berjumpa batu ini sebagai bahan lantai atau jalanan. Pada jenis ini, batu terbuat dari campuran semen, agregat pasir (abubatu), dan air. Tidak menggunakan campuran lain-lain lagi. Mengapa lebih sering digunakan sebagai permukaan jalan atau lantai? Karena selain ramah lingkungan, kekuatannya juga cukup bisa diandalkan.

Kekurangannya berupa permukaannya mudah bergelombang, tidak kuat dengan tekanan dan kecepatan tinggi (seperti kendaraan yang melintas), serta membutuhkan tehnik khusus dalam pemasangannya agar awet. Sebab sering sekali karena pemasangan yang kurang baik, batu ini mudah bergeser dan lepas.

 

Cara dan Memilih Produk Batako Berkualitas

Bukan hanya dari segi harga atau melihat asal-usul produsen yang memproduksi bahan bangunan tersebut, Anda juga wajib tahu cara memilih produk agar mendapat bahan berkualitas untuk bangunan milik Anda. Misalnya pembangunan rumah minimalis atau mendesain sebuah bangunan minimalis. Ini dia cara dan tips memilihnya.

  • Produk batu bata bangunan berkualitas memiliki sudut berbentuk siku-siku lurus dan tegas, terasa tajam ketika dipegang, serta tidak rapuh (kokoh). Maka ketika Anda mencoba mengamati contoh produk, coba raba dan perhatikan dengan cermat.
  • Jenis batu ini berbeda dengan batu bata umum, semakin ringan, maka kualitasnya semakin baik. Namun tentu disertai permukaan yang rata dan kuat. Anda bisa coba mengangkat sambil memperhatikan permukaannya.
  • Pilih produsen yang sudah terkenal dengan kualitas bahan bangunannya. Tidak hanya batu bata, tetapi juga kualitas produk gentengnya. Selain itu coba perhatikan apakah produsen tersebut memproduksi jenis lainnya, karena bila iya, kemungkinan produsen tersebut memang sudah ahli dalam bidang produksi batu bata.
  • Sesuaikan dnegan budget yang dimiliki memang wajib, tetapi jangan lupa akali hal-hal yang perlu dipertimbangkan dari segi harga seperti dengan memilih produk dnegan ukuran lebih besar dan jenis yang lebih mudah dipasang.
  • Jangan lupakan desain awal, ketika membangun rumah, Anda pasti sudah memiliki gambaran akan berbentuk apa. Coba usahakan tidak melenceng jauh dari desain awal dengan menggunakan bahan secukupnya saja.

 

Pada desain rumah atau ruangan minimalis, Anda dapat menggunakan batako pada sisi tertentu saja. Bukan hanya sebagai solusi biaya produksi, tampilan batu ini juga mendukung untuk tampilan minimalis. Anda juga bisa saja tidak perlu banyak mengecet permukaan dinding yang terbuat dari bahan batu tersebut untuk memberi kesan minimalis yang kuat. Tambahkan dengan furniture yang tidak kalah mendukung. Serta jangan lupa mengatur jumlahnya karena pada dasarnya rumah berkonsep minimalis memiliki ukuran tidka begitu besar, tidka begitu luas, terkesan sederhana, dan nyaman.

Jenis Batako dan Cara dan Memilih Produk Batako Berkualitas

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *